Masjid Al Osmani

Masjid Al Osmani



Masjid Al Osmani adalah masjid tertua di Medan. Letaknya di Jalan KL Yos Sudarso kilometer 19,5 Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan.

Masjid ini dibangun pada tahun 1854 oleh Raja Deli, Sultan Osman Perkasa Alam. Saat ini, usia masjid telah mencapai 162 tahun.

Diilihat dari luar, masjid ini cukup mencolok karena seluruh bangunannya dicat warna kuning terang serta sedikit corak hijau. Ternyata, bagian dalam masjid juga memang didominasi warna kuning keemasan.

Ini karena kuning keemasan merupakan warna kebanggaan Suku Melayu. Warna tersebut menunjukkan kemegahan dan kemuliaan.

"Masjid Raya Al-Osmani memiliki perpaduan bangunan Timur Tengah, India, Spanyol, Melayu dan Tiongkok yang memperkaya keautentikannya dibandingkan mesjid lainnya," kata Ahmad, penjaga masjid, dikutip Tribunnews.

Perpaduan arsitektur tersebut dapat dilihat pada pintu masjid berornamen Tiongkok, ukiran bangunan bernuansa India, dan arsitektur bernuansa Eropa, dan ornamen-ornamennya bernuansa Timur Tengah.

Sama seperti Masjid Raya Medan, di masjid ini juga terdapat lima makam raja Deli, yaitu Tuanku Panglima Pasutan (Raja Deli IV), Tuanku Panglima Gandar Wahid (Raja Deli V), Sultan Amaluddin Perkasa Alam (Raja Deli VI), Sultan Osman Perkasa Alam, dan Sultan Mahmud Perkasa Alam.