Cara Mencuci Karpet Manual Dengan Tangan

Cara Mencuci Karpet Manual dengan Tangan

Karpet sangat mudah kotor karena sering kali diinjak injak. Sekedar menyapu kotoran di atasnya tidak akan membuat karpet anda menjadi bersih karena rata-rata penyebab kotornya karpet adalah endapan debu yang masuk ke serat kain. Solusi terbaik membersihkan karpet adalah dengan mencucinya dengan air. Mencuci karpet itu susah susah gampang, karpet yang lebar dan tebal merupakan tantangan tersendiri bagi pencucinya.

Tutorial Cara Mencuci Karpet di bawah ini dibuat untuk jenis karpet kain biasa seperti karpet masjid, bukan karpet spesial seperti karpet wool, bulu kambing dan bahan sensitif lainnya. Karena karpet yang terbuat dari bahan bulu hewan cukup susah dibersihkan sendiri dan anda perlu jasa laundry profesional untuknya.

Cara Mencuci Karpet

Persiapan:

  •  Vacuum Cleaner
  •  Sapu lidi/ Tongkat pemukul kasur
  •  Air
  •  Tempat Jemuran
  •  Shampoo khusus Karpet / Detergent
  •  Cara Mencuci Karpet Manual

Langkah Mencuci Karpet:

1. Bentangkan karpet di atas lantai. Bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel di karpet dengan menggunakan vacuum cleaner, kalau tidak ada cukup sapu dengan sapu ijuk.

2. Angkat dan bentangkan karpet di atas tempat jemuran, pukul karpet dengan sapu lidi untuk membersihkan endapan debu. Pukul pelan pelan saja.

3. Semprotkan air dari selang pada karpet sampai debu yang tersisa hilang. Air harus mengalir bukan mengenang, mencuci dengan mencelupkan karpet dalam air dapat merusak lem karpet. Balik karpet biar bersih maksimal, jadi bagian atas dan bawah karpet harus disikat semua.

4. Setelah seluruh bagian karpet basah, gunakan detergent dan sikat permukaan karpet dengan lembut. Perhatikan pula bagian rumbai rumbai (jika ada), jangan terlalu keras agar tidak rontok.

5.Bilas busa detergent dengan menyemprotkan air lagi. Ulangi beberapa kali sampai busa menghilang.

6. Jika ingin lebih wangi dan nyaman, jangan lupa berikan tambahan pewangi.

7.Selanjutnya tinggal mengeringkan karpet, jemur dibawah sinar matahari.
Jika cuaca terlalu panas dan ditakutkan akan merusak karpet, anda bisa mengantung dan mengangin anginkan sampai kering.

8. Setelah seluruh permukaan karpet kering sempurna, gelar kembali karpet di tempatnya lalu taburkan baking soda merata. Baking soda dipercaya dapat menghilangkan bau tidak sedap. 30 menit kemudian sedot baking soda dengan penyedot debu.

9. Selamat anda telah menyelesaikan cara mencuci karpet
     Setidaknya cucilah karpet kesayangan anda 2/3 bulan sekali agar tetap awet lama. Mencuci karpet itu memang membutuhkan tempat yang luas dan waktu yang lama. Jika anda terlalu kerepotan, jangan ragu untuk memakai jasa laundry. Selain itu anda juga harus merawatnya supaya keindahan dan kenyamanannya terjaga.

Cara Merawat Karpet

Kita harus sering sering membersihkannya dengan sapu ataupun vacuum cleaner, setidaknya 3x dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menghindari munculnya endapan debu dan bau apek. Saat pembersihan jangan cuma bagian atas, tapi juga lantai di bawahnya.

Bau apek pada karpet dapat anda hilangkan dengan menaburkan baking soda atau beda bayi, biarkan semalam lalu bersihkan dengan penyedot debu di pagi hari.

Jika karpet terkena cairan, segeralah lap dengan kain. Tekan kain pada bagian yang basah agar cairan terserap kain lap tersebut. Jika cuaca mendukung, angin-anginkan karpet di luar. Pada karpet yang basah mudah sekali muncul bakteri dan jamur penyebab bau apek.

Jika cairan yang menempel meninggalkan noda, anda perlu membersihkannya dengan air yang telah dicampur detergent. Setelah itu baru keringkan karpet kembali.

Jika ada cairan atau benda lengket yang menempel (misal, permen), gunakan cairan air hangat dan cuka untuk mengangkatnya.

Itulah Cara Mencuci Karpet Manual dengan Tangan, hal ini tentu berbeda dengan laundry pro yang dapat mencuci dengan mesin cuci khusus. Jaga selalu kebersihan karpet anda.